Tahan Imbang Barca, Juventus Lolos

BolaSempak – Juventus membuktikan diri sebagai pemegang rekor pertahanan terbaik di antara klub-klub top Eropa saat ini dengan menahan imbang Barcelona tanpa gol di laga leg kedua babak perempat-final Liga Champions yang berlangsung di stadion Camp Nou.

 

Hasil ini, ditambah dengan kemenangan impresif 3-0 di leg pertama saat laga dilangsungkan di Juventus Stadium membawa sang juara Italia memastikan diri lolos ke babak semifinal, sekaligus memastikan kesuksesan balas dendam mereka saat dikalahkan lawan yang sama di babak final Liga Champions dua tahun silam.

 

Bermain di hadapan para pendukung sendiri, Barcelona membutuhkan keajaiban berikutnya setelah lolos dengan menakjubkan dari hadangan Paris Saint Germain di babak enam belas besar. Barce membalikkan keadaan setelah defisit empat gol di leg pertama, namun Juventus merupakan tim yang lebih solid dibandingkan dengan klub asal Perancis tersebut.

 

Anak-anak asuh Luis Enrique mendominasi penguasaan bola, sementara Juventus lebih gemar menunggu serangan dari tim tuan rumah untuk kemudian mencoba melakukan serangan balik untuk mencari gol tandang. Beberapa kali serangan balik Bianconeri melalui Juan Cuadrado di sayap kanan merepotkan lini belakang Barcelona.

 

Sebaliknya, Barca yang dimotori oleh Lionel Messi dan Neymar menemui kesulitan menembus kotak pinalti Juventus. Satu-satunya peluang di babak pertama yang berasal dari dalam kotak pinalti adalah ketika Messi gagal memanfaatkan bola liar karena tembakannya melebar. Tidak ada shot on target yang diciptakan kedua tim di babak pertama.

 

Situasi yang sama berjalan di babak kedua. Malah Juventus yang lebih sering mengancam lewat serangan balik kendati masih belum mampu terlalu membahayakan gawang Marc Andre ter-Stegen. Messi mendapatkan peluang lewat tendangan bebas sedikit di luar kotak pinalti, tetapi eksekusi bintang Argentina tersebut melambung.

 

Laga tadi memang bukan laganya Messi. Pemenang Ballon D’Or lima kali tersebut gagal menyarangkan bola saat Buffon sudah tidak berada di gawangnya. Satu-satunya sepakan on target dari Barca datang dari Neymar, tetapi hingga peluit panjang dibunyikan, skor akhir 0-0 tetap tidak berubah. (AA)