Singkirkan Saint Etienne, MU Melaju

BolaSempak – Manchester United memastikan langkah ke babak enam belas besar Europa League musim ini usai meraih kemenangan atas tuan rumah Saint Etienne 1-0. Kemenangan di leg kedua tersebut membuat MU lolos dengan total agregat 4-0. Hanya saja, kemenangan MU harus dibayar dengan cedera yang dialami sang pencetak gol, Henrikh Mkhitaryan dan kartu merah yang diterima oleh bek Eric Bailly.

 

Berbekal kemenangan besar 3-0 di leg pertama yang dilangsungkan di Old Trafford, manajer Jose Mourinho tampak menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tidak bermain terlalu ngotot. Ia juga mengistirahatkan sejumlah pemain seperti Ander Herrera, Antonio Valencia, dan Anthony Martial sebagai persiapan untuk menjalani laga final EFL Cup melawan Southampton di akhir pekan.

 

MU dengan leluasa memainkan bola di lapangan tengah, tidak terburu-buru untuk masuk ke dalam kotak pinalti Saint Etienne. Strategi ini membuahkan hasil ketika para pemain tuan rumah yang tidak sabaran mencoba merebut bola. Juan Mata lantas mengirimkan umpan matang ke dalam kotak pinalti yang disambut oleh Mkhitaryan yang dengan jeli memposisikan dirinya di antara dua pemain bertahan Saint Etienne. Sontekan pemain asal Armenia tersebut mengubah arah bola, membuat penjaga gawang Stephane Ruffier hanya bisa terpaku di depan gawang. 1-0 bagi Manchester United.

 

Kegembiraan Mkhitaryan dan para penggemar The Red Devils sayangnya hanya berlangsung selama 10 menit karena sang pemain tampak terjatuh sembari memegangi harmstring sebelah kanan. Mkhitaryan akhirnya tidak mampu melanjutkan permainan dan harus digantikan oleh Marcus Rashford. Untungnya cedera Mkhitaryan tampak tidak terlalu parah karena ia kembali duduk di bangku pemain saat babak kedua dimulai.

 

Sampai babak kedua berakhir, tuan rumah tidak mampu memberikan ancaman serius kepada gawang MU yang dikawal Sergio Romero. Hal paling menarik di babak kedua adalah saat Bailly diusir keluar oleh wasit karena menerima dua kartu kuning dalam selang waktu tiga menit. Kartu merah tersebut membuat Bailly tidak dapat tampil saat timnya menjalani leg pertama babak perdelapan-final. (AA)