MU Susah Payah Kalahkan Rostov

BolaSempak – Klub-klub asal Rusia tampaknya memang mengetahui cara tersendiri untuk merepotkan Manchester United. Kendati berhasil menang dengan skor 1-0 melawan FC Rostov berkat gol tunggal dari Juan Mata, penampilan MU di laga leg kedua babak perdelapan-final Europa League sangat jauh dari kata meyakinkan.

 

Statistik sebelum laga yang menyatakan kalau MU selalu kesulitan ketika menghadapi klub asal Rusia kembali terbukti. Sebelum laga leg kedua di Old Trafford ini, MU hanya menang dua kali dari delapan pertemuan dengan klub-klub asal Rusia, keduanya melawan CSKA Moscow di tahun 2009 dan 2015. Kemenangan kontra Rostov ini memperbaiki catatan MU dan rasanya para penggemar tidak akan begitu peduli karena tim kesayangan mereka berhasil menembus babak 8 besar, tetapi MU lagi-lagi membuang terlalu banyak peluang.

 

Sejak menit pertama, tim asuhan Jose Mourinho sudah mengancam. Sundulan Marcos Rojo ketika laga baru berjalan beberapa menit masih dapat ditepis oleh penjaga gawang Rostov, Nikita Medvedev. Henrikh Mkhitaryan mendapatkan peluan berikutnya, namun usahanya men-chip bola masih melebar kendati tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Medvedev. Medvedev kemudian menepis tendangan keras Paul Pogba, tidak lama setelah tendangan Zlatan Ibrahimovic menghantam tiang gawang sebelah kiri. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

 

Kabar buruk bagi MU memulai laga di babak kedua, saat Pogba harus ditarik keluar karena mengalami cedera harmstring dan digantikan oleh Marouane Fellaini. Cederanya Pogba jelas menghambat permainan MU karena Fellaini bukanlah seorang playmaker. Rostov mulai mampu menciptakan sejumlah peluang, dan beruntung Sergio Romero berhasil mencegah tendangan Sardar Azmoun.

 

Rostov yang mulai keluar menyerang karena membutuhkan gol setelah bertahan total di babak pertama malah kecolongan. Berawal dari kesalahan pemain Rostov, Mata mencuri bola dan memberikannya pada Ibrahimovic. Ibra melepaskan umpan kepada Mkhitaryan di sisi kanan. Pemain asal Armenia tersebut kemudian mengirimkan umpan silang rendah yang berhasil di-flick oleh Ibra ke arah Mata yang berdiri bebas untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

 

Rostov mendapatkan peluang terbaik menyamakan kedudukan di menit ke-4 injury time babak kedua. Tendangan bebas Christian Noboa mengarah ke pojok gawang, tapi Romero melakukan penyelamatan gemilang yang menjadi aksi terakhir di laga ini. (AA)