Mkhitaryan Samai Rekor Rooney

BolaSempak – Henrikh Mkhitaryan sekali lagi membuktikan betapa penting dirinya bagi Manchester United musim ini. Pemain asal Armenia tersebut mencetak satu-satunya gol bagi MU saat bermain imbang 1-1 menghadapi tuan rumah FC Rostov di tengah buruknya kondisi lapangan Stadion Olimp-2. Torehan Mkhitaryan tersebut tidak hanya membuat MU berada di atas angin untuk lolos ke babak perempat-final, tetapi sekaligus menorehkan prestasi pribadi bagi pemain yang akrab dipanggil dengan sebutan ‘Miki’ ini.

 

Kekhawatiran akan kebugaran Mkhitaryan sebelum laga tidak terbukti, malah dibantah dengan gol sang pemain di menit ke-35. Golnya yang memanfaatkan umpan manis dari Zlatan Ibrahimovic tersebut membuatnya menjadi pemain pertama MU yang mampu mencetak gol dalam tiga laga di Eropa yang ia mainkan secara berturut-turut sejak tujuh tahun terakhir. Wayne Rooney adalah orang terakhir yang melakukan hal tersebut, yakni di musim 2009/2010.

 

Mkhitaryan mencetak gol di Ukraina saat menghadapi tuan rumah Zorya di babak penyisihan grup, kemudian ia kembali mencetak gol di babak 32 besar menghadapi Saint Etienne di Perancis. Sempat absen di leg kedua kontra Saint Etienne di Old Trafford karena cedera, Mkhitaryan kembali dengan golnya ke gawang Rostov, sekaligus mengguratkan namanya di buku sejarah The Red Devils.

 

Di tahun 2010, Rooney melakukan hal yang serupa dengan Mkhitaryan. Penyerang asal Inggris tersebut mencetak 2 gol di babak perempat-final yang berlangsung di kandang AC Milan, membawa MU meraih kemenangan tandang 3-2. Pada leg kedua di Old Trafford, Rooney lagi-lagi mencetak dua gol dalam kemenangan telak MU 4-0. Di babak perempat-final, MU bertemu dengan Bayern dan harus bertandang ke Allianz Arena terlebih dahulu. Rooney mencetak gol, namun MU kalah 2-1 dan akhirnya gagal melangkah lebih jauh karena disingkirkan Bayern yang pada akhirnya menjadi runner-up kompetisi.

 

Penggemar MU wajib berharap kalau Mkhitaryan akan melanjutkan performa baiknya di akhir pekan ini, dimana MU akan menghadapi tuan rumah Chelsea dalam laga perempat-final FA Cup. (AA)