Mammana Selamatkan Lyon Dari Kekalahan

BolaSempak – Olympique Lyon terhindar dari kekalahan pada laga lanjutan Ligue 1 Perancis akhir pekan ini. Bertanding ke markas dari Girondins de Bordeaux, Lyon sempat tertinggal 1-0 hampir sepanjang laga. Gol telat dari bek Emmanuel Mammana sepuluh menit jelang bubaran membuat Lyon pulang dengan satu poin.

 

Lyon bertandang ke Stadion Matmut Atlantique bermodal kemenangan besar 5-1 dari FC Metz di laga sebelumnya. Sayangnya, performa apik mereka tidak terlihat di awal laga karena tuan rumah Bordeaux terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan. Les Girondins menciptakan peluang lebih banyak dan lebih berbahaya, sebelum akhirnya berhasil membuka skor di menit ke-16 lewat gol dari Valentin Vada. Vada menuntaskan umpan matang dari Francois Kamano untuk membuat Bordeaux unggul 1-0.

 

Tertinggal satu gol tidak serta merta membuat Lyon mampu meningkatkan daya dobrak untuk menyamakan kedudukan. Klub berjuluk Les Leones ini kesulitan menembus pertahanan tuan rumah yang tampil disiplin, membuat penyerang andalan Alexandre Lacazette terisolir di lini depan tanpa suplai bola yang matang. Skor 1-0 bagi Bordeaux menjadi skor akhir di babak pertama.

 

Penampilan buruk anak-anak asuhnya sepanjang 45 menit pertama membuat pelatih Lyon Bruno Genesio mengambil tindakan. Genesio memasukkan gelandang serang Mathieu Valbuena untuk menggantikan Maxime Gonalons, seorang gelandang bertahan. Masuknya Valbuena memberikan dimensi baru bagi skema permainan Lyon yang mulai mampu menekan tuan rumah walau masih gagal menciptakan gol hingga sepuluh menit jelang bubaran.

 

Adalah Valbuena yang menjadi kreator gol penyeimbang yang dicetak oleh bek tengah Emmanuel Mammana di menit ke-80. Umpan lambung dari Valbuena mampu disambar oleh bek asal Argentina tersebut untuk mengubah skor menjadi 1-1. Waktu yang tersisa tidak cukup untuk kedua tim mencetak gol tambahan, sehingga mereka harus puas berbagi satu poin dalam laga yang diwarnai dengan torehan sembilan kartu kuning ini.

 

Tambahan satu poin membuat Lyon cukup nyaman berada di posisi keempat dengan keunggulan cukup jauh dari tim-tim di bawahnya. Namun, Lyon sendiri tertinggal cukup jauh dari tiga klub pemuncak klasemen sementara. (AA)