Hat-trick Aubameyang Loloskan Dortmund

BolaSempak – Borussia Dortmund memastikan diri lolos ke babak perempat-final Liga Champions usai mengalahkan Benfica di leg kedua babak enam belas besar dengan skor 4-0. Hattrick dari Pierre-Emerick Aubameyang memimpin Dortmund untuk membalikkan ketertinggalan setelah kalah 0-1 di kandang Benfica pada leg pertama. Satu gol lainnya diciptakan oleh pemain muda Amerika Serikat, Christian Pulisic.

 

Aubameyang yang menjadi kambing hitam kekalahan Dortmund pada leg pertama akibat kegagalannya mengonversi tiga peluang emas, salah satunya dari titik putih, membuktikan diri bahwa yang terjadi di Lisbon bulan lalu hanyalah sebuah mimpi buruk yang telah berakhir. Penyerang asal Gabon tersebut memimpin rekan-rekannya untuk menyerbu pertahanan dari Benfica sejak menit pertama pertandingan. Pada menit keempat, Aubameyang sudah mencetak satu gol untuk membuka skor di Signal Iduna Park. Sepak pojok dari Ousmane Dembele mampu ditanduk oleh Pulisic ke tiang jauh, dimana Aubameyang berdiri bebas tanpa kawalan untuk membawa tuan rumah memimpin 1-0.

 

Dortmund terus menyerang sepanjang babak pertama, namun upaya mereka belum membuahkan gol kedua hingga turun minum karena penjaga gawang Benfica, Ederson Moraes bermain gemilang dengan menepis sejumlah peluang Dortmund, diantaranya melalui Aubameyang, Pulisic, dan Lukasz Piszczek.

 

Gawang Benfica baru kembali bobol di menit ke-59, saat umpan terobosan dari Piszczek dari sayap kanan berhasil dijangkau oleh Pulisic. Pemain berusia 18 tahun tersebut kemudian melakukan chip brilian yang melewati kepala Ederson dan masuk ke dalam gawang, mengubah skor menjadi 2-0.

 

Kedudukan 2-0 membuat Dortmund akan lolos ke babak berikutnya. Hal tersebut tentu tidak diinginkan oleh Benfica, yang baru mulai keluar menyerang setelah gol Pulisic. Namun peningkatan intensitas serangan membuat lini pertahanan Benfica menjadi rapuh. Aubameyang kemudian mencetak dua gol tambahan melalui skema yang hampir mirip, tap-in khas seorang predator. Pertama, ia menerima umpan dari Marcel Schmelzer, sebelum melengkapi hattrick dengan menyelesaikan bola kiriman Erik Durm. Dortmund lolos dengan agregat 4-1. (AA)