FIFA Beniat Ringankan Hukuman Pada Michel Platini ?

Michel Platini

bolasempak.com FIFA tampaknya memiliki berniat untuk mempertimbangkan kembali sanksi terhadap Michel Platini dari kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola setelah mantan bintang Prancis dan presiden UEFA itu mengumumkan keinginannya untuk kembali ke dunia yang membesarkannya.

 

Pada 2015, pria 62 tahun itu diskors selama enam tahun, kemudian dikurangi menjadi empat tahun pada saat mengajukan banding, menyusul penyelidikan Komite Etika FIFA terkait perilakunya.

 

Eks-pemain timnas Prancis itu berada di bawah pengawasan atas transaksi keuangannya dengan mantan presiden FIFA Sepp Blatter, dimana keduanya selalu membantah melakukan kesalahan.

 

Selama serangkaian wawancara dengan media belakangan ini, Platini mengklaim telah dibebaskan oleh otoritas Swiss atas kesalahan apapun dan mengumumkan keinginannya untuk kembali ke sepakbola.

 

Seorang juru bicara untuk Kantor Jaksa Agung Swiss mengatakan kepada Omnisport (27/5/2018): “Kantor Penuntut Federal telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada tindakan yang diambil terhadap Michel Platini.”

 

Bagaimanapun, FIFA telah menegaskan kembali bahwa sanksi yang dikenakan pada Platini tetap tidak terpengaruh oleh pertimbangan hukum yang terpisah.

 

“Tuan Platini diskors karena melanggar Kode Etik FIFA,” kata juru bicara FIFA dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Omnisport. “Keputusan itu ditegakkan oleh CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga), yang mengkonfirmasi tuduhan tetapi mengurangi waktu penangguhan.

 

“Ini selalu sangat jelas bagi FIFA dan CAS bahwa Tuan Platini tidak pernah menjadi sasaran investigasi kriminal di Swiss.

 

“Bahan-bahan dari tindak kriminal di bawah undang-undang Swiss berbeda dari bahan-bahan pelanggaran yang ditetapkan oleh Kode Etik FIFA.

 

“Baik Komisi Etik FIFA maupun CAS telah melihat pertanyaan apakah Tuan Platini melakukan tindak pidana.

 

“Temuan CAS bahwa Tuan Platini melakukan beberapa pelanggaran Kode Etik yang telah dikonfirmasi oleh Mahkamah Agung Swiss.

 

“Selain itu, sebagaimana dicatat oleh CAS sendiri dalam putusan yang dikonfirmasi oleh Mahkamah Agung Swiss, standar pembuktian dalam etika olahraga lebih rendah daripada dalam proses pidana.”

 

Perwakilan hukum Platini belum menanggapi permintaan untuk mengomentari pernyataannya.

 

Namun jika memang mantan presiden UEFA tersebut mendapatkan pengurangan lebih lanjut atau penangguhan, tampaknya ada keraguan dia bisa kembali masuk ke organisasi sepakbola Eropa atau dunia.