Dembele Antarkan Dortmund Ke Final

BolaSempak – Borussia Dortmund mengalahkan juara bertahan Bayern Munich dengan skor 3-2 di Allianz Arena berkat gol kemenangan dari Ousmane Dembele untuk meloloskan diri ke partai final DFB Pokal menghadapi Eintracht Frankfurt pada 27 Mei mendatang.

 

Penyerang muda berusia 19 tahun tersebut melepaskan tembakan melengkung yang menghujam masuk ke sudut gawang dengan waktu 16 menit tersisa untuk memimpin timnya masuk ke partai final dalam empat tahun berturut-turut.

 

Dortmund dikalahkan oleh rival berat mereka tersebut dengan skor 4-1 pada awal bulan April ini di ajang Bundesliga, tetapi Thomas Tuchel selaku pelatih Dortmund merasa percaya diri dalam konferensi pers sebelum laga bahwa timnya akan bermain dengan lebih baik kali ini.

 

Perkataan Tuchel tersebut terbukti di menit ke-19 ketika mereka lebih dahulu unggul melalui gol dari Marco Reus yang memanfaatkan permainan buruk dari Javi Martinez. Umpan dari Martinez mampu dipotong oleh Raphael Guerreiro. Umpan dari pemain asal Portugal tersebut mampu dimentahkan oleh penjaga gawang Sven Ulreich, tetapi Reus mampu mengalahkan Philipp Lahm untuk mencapai bola liar lebih dulu dan menceploskan bola ke dalam gawang dengan mudah.

 

Tetapi Martinez kemudian menebus dosanya di menit ke-28. Umpan silang dari Xabi Alonso berhasil ditanduk ke dalam gawang oleh mantan pemain Athletic Bilbao ini untuk menyamakan kedudukan. Sundulan Martinez kembali membuat masalah bagi pertahanan Dortmund, namun ia gagal membalikkan kedudukan karena kali ini sundulannya melenceng tipis.

 

Tetapi kedudukan benar-benar berbalik di menit ke-41. Aksi Franck Ribery dari sisi kiri berhasil diselesaikan dengan tenang oleh Mats Hummels. Robert Lewandowski kemudian hampir mengubah skor menjadi 3-1 namun kali ini penjaga gawang Roman Burki mampu menyelamatkan gawangnya untuk menjaga selisih gol tetap satu.

 

Bayern terus berusaha merebut gol ketiga di babak kedua. Sepakan Arjen Robben hanya membentur mistar setelah membentur Sven Bender, dengan tendangan buruk Burki menjadi penyebabnya.

 

Buruknya penyelesaian akhir Bayern harus dibayar dengan mahal setelah Pierre-Emerick Aubameyang berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-69. Umpan silang brilian dari Dembele berhasil ditanduk oleh penyerang asal Gabon ini tanpa mampu dihalau oleh Ulreich.

 

Setelah memberikan assist yang cantik, giliran Dembele sendiri yang mencatatkan namanya di papan skor dengan sebuah tendangan melengkung yang cantik, membawa Dortmund meraih kemenangan 3-2. (AA)